TARUSAN KAMANG, KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI BUKITTINGGI

tebing keraton
MINGGU PAGI DI TEBING KERATON DAN TAHURA BANDUNG
06/11/2017
tangkuban parahu
TANGKUBAN PARAHU YANG SECANTIK DEWI SUMBI
09/11/2017

TARUSAN KAMANG, KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI BUKITTINGGI

tarusan kamang
Spread the love

Tarusan Kamang adalah sebuah danau karst (atau kars) yang menakjubkan karena airnya bisa surut sampai benar-benar hilang dan pasang secara tiba-tiba. Sering disebut sebagai Danau Ajaib, berikut catatan petualangan kami di tempat ini.

Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Pasar Atas sudah pasti jadi tempat wajib yang Anda kunjungi apabila bepergian ke kota wisata Bukittinggi. Namun ada sebuah tempat tak jauh dari Bukittinggi yang sangat sayang apabila dilewatkan karena keindahan alamnya yang memesona yaitu Tarusan Kamang.

Berjarak enam belas kilometer dan perjalanan sekitar empat puluh menit berkendara terletak di Jorong Halalang, Kamang Magek, Kabupaten Agam.

tarusan kamang

Sewaktu kami datang berkunjung kesini, kebetulan air sedang memenuhi permukaan danau. Cuaca sangat cerah dan matahari cenderung bersinar terik. Sekilas tidak ada yang berbeda dengan danau kecil lainnya, namun apabila air sedang surut, danau ini akan berubah menjadi lapangan luas, bahkan penduduk setempat bisa bermain sepak bola di dalamnya.

Diperkirakan penyebabnya adalah di bagian bawah danau ini terdapat saluran atau lorong-lorong bawah tanah yang mampu menyedot debit air sampai benar-benar kering selama berbulan-bulan.

tarusan kamang

Apabila tidak tahan dengan panas atau kebetulan sedang hujan, jangan khawatir karena disini ada beberapa pondokan tempat berteduh selain warung-warung penduduk sekitar. Anda juga bisa menyantap aneka makanan yang dijual oleh penduduk.

tarusan kamang

Agar petualangannya lebih seru, Ayah dan Hafizh, Abang Petualang mencoba menaiki rakit bambu hanya dengan membayar sepuluh ribu rupiah per orang, Kami dibawa berkeliling danau selama sekitar sepuluh menit. Namun jika khawatir dengan keselamatannya, Anda juga bisa memilih sejenis perahu yang bisa mengangkut lebih banyak orang sekaligus.

tarusan kamang

Sesekali terdengar suara lenguhan kerbau bersahut-sahutan di kejauhan mirip seperti Brontosaurus di Film yang membuat kami berimajinasi seperti sedang berpetualang menyusuri sebuah danau di Jurassic Park.

keluarga petualang

Namun ada sedikit catatan di tempat wisata sebagus ini, yaitu masih kurangnya kesadaran wisatawan untuk menjaga kebersihan. Tampak sampah bekas makanan dan minuman berserakan dimana-mana. Alangkah bijaksananya apabila kita sebagai pengunjung minimal bertanggung jawab terhadap sampah kita sendiri dengan tidak membuangnya sembarangan.

Satu hal lagi yaitu banyaknya anjing liar yang berada di sekitar danau. Bahkan Hafizh kakinya sampai terluka karena terjatuh dikejar salah satu anjing liar. Semoga itu juga menjadi catatan buat pengelola dan penanggung jawab tempat ini.

Buat Anda yang ingin berkunjung, klik pada peta untuk alamat Tarusan Kamang.

tarusan kamang peta

2 Comments

  1. Beneran seumur-umur baru dengar nama danau ini. Eh ternyata selain Danau Maninjau, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah, ada juga danau lain di Sumbar 😀 duh aku meski belajar geografi lagi nih 😀

    • keluargapetualang says:

      Iya mba, kami juga baru tau belakangan. Padahal puluhan tahun tinggal di Bukittinggi 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *