TANGKUBAN PARAHU YANG SECANTIK DEWI SUMBI

tarusan kamang
TARUSAN KAMANG, KEINDAHAN TERSEMBUNYI DI BUKITTINGGI
07/11/2017
CAGAR ALAM RIMBO PANTI, ONSEN RASA INDONESIA
13/11/2017

TANGKUBAN PARAHU YANG SECANTIK DEWI SUMBI

tangkuban parahu

Konon Tangkuban Parahu berasal dari sebuah perahu yang ditendang oleh Sangkuriang sampai terbalik dan membentuk sebuah gunung karena kecewa setelah gagal menikahiwanita yang dicintainya. Seperti apa kisahnya?.


Tersebutlah seorang wanita bernama Dewi Sumbi yang terkenal memiliki wajah yang cantik jelita. Dia mempunyai seorang anak bernama Sangkuriang. Suatu hari, Sangkuriang pergi berburu dengan seekor anjing bernama Tumang yang tanpa dia tahu kalau anjing itu adalah penjelmaan ayahnya. Sangkuriang tidak sengaja membunuh Tumang dengan anak panah ketika sedang berburu menjangan. Namun Dewi Sumbi yang marah karena kematian Tumang, memukul kepala Sangkuriang sehingga terluka dan mengusirnya


Namun kelak, Sangkuriang dewasa dan berubah menjadi pemuda tampan, tidak sengaja kembali bertemu dengan Dewi Sumbi dan jatuh hati tanpa tahu kalau itu adalah ibunya. Sadar tidak mungkin menikahi anak sendiri setelah melihat bekas luka di kepala Sangkuriang, Dewi Sumbi meminta syarat untuk membentung sungai citarum dan membuat sebuah perahu dalam waktu semalam saja.


Sangkuriang dengan dibantu bala tentara ghaib hampir berhasil melaksanakan syarat itu. Namun Dewi Sumbi menggagalkan dengan cara membentangkan kain putih di ufuk timur sehingga pasukan Sangkuriang menghentikan pekerjaan sebelum bendungan selesai dibangun.


Sangkuriang yang marah akhirnya menendang perahu itu hingga terbalik dan berubah menjadi sebuah gunung berbentuk perahu terbalik dan kini dikenal sebagai Tangkuban Parahu.

Mari kita tinggalkan Dewi Sumbi yang sepertinya kurang memiliki ilmu parenting dan komunikasi yang baik dengan anaknya. Kita akan mengunjungi langung keindahan gunung Tangkuban Parahu.
Gunung stratovlcano ini terletak sekitar tiga puluh kilometer dari kota Bandung, Jawa Barat dan bisa diakses dengan sangat mudah menggunakan kendaraan pribadi bahkan hingga ke bibir Kawah Ratu yang merupakan kawah utama gunung ini.

Gunung Tangkuban Parahu sendiri sebenarnya memiliki sembilan kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Baruy, Kawah Lanang, dan Kawah Jarian.


Namun tiga kawah pertamalah yang paling terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan karena mudah diakses dan letaknya cukup berdekatan

Di sekitaran Kawah Ratu ini banyak yang menjual makanan seperti Jagung Bakar, Ketan Bakar, Sosis Bakar, Bakso dan lain-lain dengan harga yang terjangkau. Jadi tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan dari rumah. Selain makanan, banyak juga penjual kerajinan tangan dan kaos khas Tangkuban Parahu

Jangan lewatkan mereguk secangkir air jahe yang akan menghangatkan tubuh kita, karena udara di Tangkuban Parahu lumayan dingin apalagi saat musim penghujan tiba.


Nah, setelah puas menikmati indahnya kawasan Kawah Ratu, apabila masih memiliki waktu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kawah Upas dan Kawah Domas

Demikianlah petualangan kami kali ini ke Gunung Tangkuban Parahu. Sebuah tempat di Jawa Barat yang keindahannya memang secantik legenda Dewi Sumbi. Nah, kapan Anda akan berkunjung kesini?

Tangkuban Parahu

     

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *