Saung Angklung Udjo, Harmoni Indah Nada Bambu

November 1, 2017
Masjid Al Alam Marunda, Punya Sumur dengan Air Tiga Rasa
September 20, 2017
Pesona Indah Puncak Lawang
November 5, 2017

Apabila Anda berencana ingin mengunjungi tempat wisata yang agak sedikit berbeda, maka Saung Angklung Udjo adalah salah satu tempat wisata edukasi yang Keluarga Petualang rekomendasikan.

Di tempat ini kita akan mengenal lebih dalam salah satu alat musik khas daerah Jawa Barat terutama berkembang dan menjadi identitas masyarakat Sunda, yaitu Angklung. Sebuah alat musik multitonal atau memiliki nada ganda. Cara memainkannya cukup mudah, yaitu dengan menggoyangkan Angklung yang berbentuk susunan pipa yang terbuat dari bambu.

saung angklung udjo

Alat musik Angklung selalu dimainkan dalam sebuah grup dan masing-masing pemain memiliki nada sendiri. Harmoni nada-nada yang berbeda dari setiap pemain itulah yang kemudian mampu membawakan sebuah lagu dengan apik. Dalam perkembangannya penampilan sebuah grup angklung juga bisa diiringi alat musik modern seperti gitar, drum bahkan orkestra megah.

Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka No.118 Bandung ini merupakan sebuah tempat pagelaran seni Angklung sekaligus workshop tempat pembuatan Angklung itu sendiri. Saung Angklung Udjo juga menjual berbagai macam kerajinan dari bambu dan kayu selain Angklung.

Penampilan reguler Saung Angklung Udjo biasanya diadakan setiap hari pada pukul 15.30 WIB. Dan untuk penampilan khusus rombongan, biasanya diadakan pada pukul 10.00 WIB dan 13.30 WIB.

Pada atraksi pertama, kita akan disuguhi dengan penampilan wayang golek dengan durasi sekitar dua puluh menit. Versi yang sangat singkat, mengingat pertunjukan wayang biasanya dibawakan semalam suntuk.

saung angklung udjo

Meskipun tidak begitu paham dengan bahasa Sunda, namun kami cukup menikmati sesi ini. Penonton berulang kali terbahak melihat tingkah polah para tokoh wayang yang dimainkan oleh seorang Dalang dari balik layar dan diiringi alunan musik khas sunda.

 

saung angklung udjo

Setelah pertunjukan wayang, muncul dua orang penari wanita yang mempersembahkan tari topeng. Tampak mereka berdua sudah cukup terlatih membawakan tarian ini.

 

saung angklung udjo

Terakhir adalah penampilan dari group musik Saung Angklung Udjo yang membawakan beberapa lagu daerah dan lagu populer lainnya. Beberapa kali penonton riuh bertepuk tangan begitu mereka selesai membawakan sebuah lagu, diikuti dengan lagu lainnya.

 

saung angklung udjo

Bagian paling mengesankan dari pertunjukan Saung Angklung Udjo ini adalah ketika penonton dilibatkan langsung untuk memainkan Angklung. Masing-masing peserta mendapatkan sebuah Angklung dengan nada yang berbeda.

 

saung angklung udjo

Pemandu acara awalnya memberikan petunjuk bagaimana memainkan angklung ini. Dengan membagi penonton berdasarkan nada angklung yang dipegang, penonton diinstruksikan untuk menggoyangkan angklungnya sesuai kode gerakan tangan.

Ternyata tidak begitu sulit, terbukti hanya dengan petunjuk singkat tidak lebih dari lima menit, kami semua langsung paham bagaimana memainkan Angklung tersebut. Dengan riang, penonton memainkan lagu demi lagu tanpa terasa.

 

saung angklung udjo

Seluruh rangkaian acara ini kemudian ditutup dengan menari bersama diiringi lagu-lagu daerah. Sungguh sebuah pengalaman yang seru. Mengenal budaya asli Indonesia dengan cara yang fun.

Tiket masuk ke Saung Angklung Udjo ini sekitar Rp.60.000,- atau Rp.70.000,- per orang, namun kalau beruntung, pada hari tertentu, Saung Angklung Udjo memberikan diskon atau promo harga. Kebetulan waktu itu kami hanya membayar Rp.40.000,- saja per orang.

Jadi, kalau Anda sedang berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk meluangkan waktunya mampir ke Saung Angklung Ujo ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *