PESONA INDAH PUNCAK LAWANG

SAUNG ANGKLUNG UDJO, HARMONI INDAH NADA BAMBU
01/11/2017
tebing keraton
MINGGU PAGI DI TEBING KERATON DAN TAHURA BANDUNG
06/11/2017

PESONA INDAH PUNCAK LAWANG

puncak lawang
Spread the love

Puncak Lawang adalah salah satu tempat terindah di Sumatera Barat yang tidak boleh dilewatkan. Berada pada ketinggian 1.210 meter diatas permukaan laut, spot yang terletak di daerah Matur, Kabupaten Agam ini memungkinkan kita untuk menyaksikan indahnya Danau Maninjau dari ketinggian.

Puncak lawang bisa dikunjungi dari kota Bukittinggi dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dalam waktu sekitar satu jam perjalanan melalui jalan Bukittinggi – Padang Lua – Maninjau. Sebelum kelok 44 (ampek puluah ampek). Akses ke lokasi ini juga sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Parkiran kendaraan tidak jauh dari lokasi, meski harus sedikit berjalan kaki menaiki bukit kecil untuk spot terbaik.

Pemandangan indah akan kita temui sepanjang perjalanan dari Bukittinggi, apalagi ketika memasuki kawasan Puncak Lawang. Udara dingin langsung menyergap begitu kita turun dari kendaraan. Pemandangan eksotis pohon-pohon pinus yang kadang diselimuti kabut membuat kita betah berlama-lama disini.

puncak lawang

Usahakan berkunjung pada saat cuaca cerah. Karena apabila musim hujan, seringnya Danau Maninjau akan diselimuti kabut tebal yang menghalangi pemandangan indah di bawahnya.

Karena kami kebetulan datang ke Puncak Lawang pada sore hari, pemandangan Danau Maninjau tidak begitu terlihat jelas, meskipun suasana senja Danau Maninjau juga tidak kalah mempesona. Kita bisa mengambil banyak foto-foto siluet yang indah saat senja menjamah Puncak Lawang.

Namun apabila Anda datang berkunjung pada pagi atau siang hari dan cuaca cerah, maka Anda akan disuguhi pemandangan seperti foto dibawah ini.

puncak lawang

Foto oleh Erison J Kambari

Puncak Lawang juga dinobatkan sebagai salah satu spot paralayang terindah di Asia Tenggara. Jadi apabila Anda punya cukup keberanian dan ingin memacu adrenalin sambil menikmati pesona indahnya Danau Maninjau dari Puncak Lawang, bisa menjajal olah raga paralayang disini.

Saran kami, berkunjunglah kesini pada pagi hari, sehingga nanti Anda punya waktu luang untuk menuruni kelok ampek puluah ampek. Selain menyusuri tepian Danau Maninjau, ada tempat lain yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi seperti rumah kelahiran Buya HAMKA dan Masjid Raya Bayur yang sangat indah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *