Mengunjungi Candi Muara Takus, Jejak Sejarah Kerajaan Sriwijaya di Riau

June 13, 2017
Napak Tilas Sejarah Bung Karno di Kota Bengkulu
September 1, 2017

Inilah catatan Keluarga Petualang sewaktu mengunjungi Candi Muara Takus yang terletak di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau, Indonesia.

mengunjungi candi muara takus

Sebenarnya kami sering sekali melewati jalan arah menuju Candi Muara Takus ini karena sewaktu tinggal di Pekanbaru- Riau, jalan menuju lokasi Candi ini terletak di jalan lintas Pekanbaru dan Sumatera Barat. Artinya, jalan menuju lokasi ini sebenarnya sudah berkali-kali dilewati.

Namun baru berkesempatan mengunjungi situs ini langsung setelah lebih dari sepuluh tahun tinggal di Pekanbaru.

Situs Candi Muara Takus ini merupakan kompleks Candi umat Buddha yang sekaligus merupakan jejak Kerajaan Sriwijaya di Riau dan diperkirakan dibangun pada abad VII-XII Masehi.

Berbeda dari bangunan candi yang pernah kami lihat di Pulau Jawa seperti Candi Borobudur dan candi lain yang umumnya terbuat dari batu hitam, Candi Muara Takus terlihat terbuat dari batu-batu pasir atau tanah liat yang dicetak menjadi seperti batu-bata.

Komplek Candi Muara Takus terdiri dari beberapa bangunan candi terpisah yang letaknya berdekatan yaitu Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka. Detail lebih lengkap tentang candi ini dapat dicek di Wikipedia.

Sekitar komplek Candi Muara Takus ini terdapat banyak lapangan yang cukup luas yang ditumbuhi rumput, tanaman semak dan pepohonan rindang.

Untuk masuk ke area Candi Muara Takus, hanya dikenakan tiket masuk sebesar empat ribu rupiah saja per orang.

Tips mengunjungi Candi Muara Takus :

Karena daerah ini udaranya sangat panas dan terik, bawalah pelindung kepala seperti topi atau payung dan perbanyak minum air putih. Juga hindari berkunjung pada tengah hari karena panasnya benar-benar menyengat kulit.

Di bawah ini video Keluarga Petualang saat mengunjungi Candi Muara Takus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *