Cagar Alam Rimbo Panti, Onsen Rasa Indonesia

November 13, 2017
Tarusan Kamang, Keindahan Tersembunyi di Bukittinggi
November 7, 2017

Pernahkah Anda mengunjungi Cagar Alam Rimbo Panti? Disini terdapat sebuah pemandian air panas seperti onsen di Jepang namun dengan rasa indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak gunung berapi, maka sebenarnya banyak sumber air panas alami yang biasa dijadikan tempat mandi oleh penduduk, salah satunya di kawasan Rimbo Panti ini.

 

 

Cagar alam ini terletak di Panti, Kabupaten Pasaman yang berjarak sekitar 100 kilometer dari kota Bukittinggi dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar tiga sampai empat jam perjalanan. Namun jangan khawatir, pemandangan sepanjang jalan sangat indah sehingga tidak terasa membosankan.

 

Begitu sampai dan memarkirkan kendaraan, kami masuk ke wilayah cagar alam rimbo panti dan berkeliling sebentar. Fasilitas disini meski masih sederhana, tapi sudah mulai diperhatikan. Terlihat pagar-pagar pembatas untuk mengamankan pengunjung agar tidak terjatuh ke kolam-kolam air panas.

Suhu air panas di Cagar Alam Rimbo Panti ini bisa mencapai 100 derajat celcius. Uapnya menampar-nampar wajah menimbulkan sensasi hangat yang menyegarkan. Karena panasnya suhu air disini, kita bahkan bisa merebus telur sampai matang lho.

 

 

Kalau ingin mencoba berendam di air panas, disediakan sebuah kolam pemandian air panas disini. Mandi air panas dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena tidak hanya bersuhu tinggi, namun juga mengandung berbagai mineral alami seperti sulfur.

 

Meski kolamnya tidak begitu bagus, namun cukup nyaman dan bersih. Tanpa ditutupi atap, kita bisa memandangi pohon-pohon dan langit biru sambil berendam. Perlahan rasa penat setelah perjalanan jauh menghilang berganti dengan rasa nyaman.

 

Tips berendam dalam pemandian air panas; Jangan langsung nyebur, tapi biarkan tubuh Anda terlebih dahulu beradaptasi dengan air panas dengan cara membasahi tubuh sedikit demi sedikit, dimulai dari kaki dan tangan. Kemudian barulah pelan-pelan masuk ke dalam kolam.

Setelah tubuh beradaptasi dengan suhu kolam, Anda bisa berenang dan menyelam sepuasnya. Hindari berendam langsung karena pembuluh darah tiba-tiba akan melebar atau kulit akan merasakan sensari panas atau terbakar.

 

Nah, jika Anda sedang berkunjung ke Sumatera Barat, tidak ada salahnya meluangkan waktu ke Cagar Alam Rimbo Panti ini. Percayalah, Anda tidak akan melupakan pengalaman seru berkunjung kesana.

1 Comment

  1. Boleh juga jadi target wisata pemandian air panas buat liburan dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *